Tidak hanya murah dan mudah, lari ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bukan hanya memperkuat otot tubuh manusia saja, lari justru membantu memperkuat sendi serta meningkatkan kepadatan tulang.

Banyak informasi beredar tentang bahaya melakukan olahraga lari terutama untuk kesehatan sendi dan tulang manusia akibat tekanan pada sendi yang ditimbulkan saat berlari, tetapi nyatanya berdasarkan penelitian yang dilakukan pada pelari jarak jauh menunjukkan bahwa terdapat hasil signifikan pada peningkatan tinggi dan kekenyalan dari bantalan sendi tulang belakang sehingga dapat meredam tekanan antar tulang lebih baik.

Risiko osteoporosis pun ikut menurun akibat dari peningkatan aliran darah yang terjadi saat berlari sehingga melancarkan distribusi nutrisi bagi pertumbuhan sel tulang sehingga menjadi lebih aktif. Selain bermanfaat secara langsung terhadap kesehatan sendi dan tulang, manfaat tidak langsung didapat dengan penurunan berat badan. Berat badan yang lebih ideal akan mempermudah kerja dari sendi tulang belakang untuk menopang beban di perut sehingga risiko penonjolan bantalan sendi pada lumbal 3, 4, dan 5 (lower back) menurun.

Guna mendapatkan hasil yang maksimal maka beberapa tips tentang lari sebagai berikut :

  • Gunakan sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki Anda serta ikatkan tali sepatu dengan kencang untuk mengurangi risiko cedera.
  • Jangan lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan melakukan peregangan otot sekitar tungkai bawah dan pinggang.
  • Mulailah dengan berjalan selama 10 – 30 menit.
  • Perpanjang durasi lari Anda secara perlahan hingga Anda mampu berlari setidaknya 30 menit.
  • Lakukan pendinginan dengan berjalan pelan dan peregangan ringan agar detak jantung Anda kembali normal.

Olahraga lari memberikan manfaat terhadap penguatan bantalan sendi dan tulang terutama dalam menopang tubuh kita disaat melakukan aktivitas sehari-hari yang padat, tetapi jangan lupa mengombinasikannya juga dengan makanan sehat agar didapatkan hasil yang lebih maksimal bagi kesehatan sendi dan tulang anda.

Writer              : Titus Argatama Yogaswara, S.Ft

Editor & Proofreader : Jansen Ongko, MS.c, RD

Referensi         : https://www.nature.com/articles/srep45975